Cara Mencegah Pusing Saat Hamil


Pusing tatkala sedang hamil memang sering terjadi pada awal trimestes kehamilan. Hal demikian dikarenakan adanya tekanan darah rendah dalam tubuh sang ibu. Penurunan tekanan darah menjadi rendah pada masa kehamilan diakibatkan oleh aktivitas hormon progesteron yang melebarkan dan melemaskan dinding pembuluh darah. Tidak hanya itu tekanan darah yang memicu pusing saat hamil akibat berat badan janin bertambah dan penekanan pembuluh darah di kaki, panggul dan tubuh bagian bawah saat ibu hamil atau saat ibu sedang berbaring. 

Berikut beberapa risiko yang mungkin saja memicu rasa pusing pada ibu hamil diantaranya sebagai berikut : 

○ Melakukan perubahan posisi dari duduk ke posisi berdiri yang terlalu aktif.
○ Ibu hamil yang terlalu lama berbaring dan terlentang.
○ Ibu hamil yang kurang cairan tubuh da asupan makanan sehingga kadar gula darahnya rendah yang berpotensi pada sakit kepala atau pusing. 

Adapun mengenai cara untuk membantu mencegah pusing saat hamil yang mesti di coba diantaranya : 

■ Menjaga pola makan dan tidak telat makan 

Dengan cara ibu hamil sarapan terlebih dahulu dalam mengalawali aktivitasnya sehingga mengurangi atau mencegah dampak pusing yang akan terjadi. Diusahakan untuk selalu sarapan sehat dan makan-makanan kaya vitamin seperti buah-buahan dan sayuran segar agar janin dan sang ibu senantiasa sehat.

■ Mencukupi kebutuhan cairan tubuh


Air minum dapat membantu melancarkan sirkulasi darah sehingga pembuluh darah yang mengalirkan darah pun akan senantiasa normal dan sehat. Penting sekali untuk menjauhi minuman yang berbahan dasar kimia, minuman berkafein, bersoda dan sebagainya. 

■ Memerlukan asupan zat besi yang tepat 

Beberapa makanan yang kaya akan zat besi memang sangat diperlukan bagi ibu hamil untuk mencegah anemia atau kekurangan darah. Makanan yang kaya dengan zat besi seperti sayuran, daging ayam, kacang-kacangan, susu formula untuk ibu hamil. Bisa dipastikan mendapat resep dari dokter dan aturan pakai. 

■ Berolahraga yang ringan 

Maksud olahraga ringan di sini adalah dengan berolahraga yang tidak terlalu melelahkan dan tidak memberatkan bagi ibu hamil. Kendat demikian ibu hamil pun harus tetap terlihat segar dengan berolahraga. Misalnya ibu hamil mesti menggerakan kaki dengan berjalan sedikit atau bisa juga dengan berenang di kolam dengan pengawanan keluarganya. 

■ Tidak terlalu lama berbaring dan tidur 

Bagi wanita yang sedang hamil dan sering mengalami pusing tidak dianjurkan untuk terlalu lama berbaring dan tertidur. Sebab terlentang dapat mengakibatkan penekanan pembuluh darah yang mengalirkan darah pada jantung dan menghambat aliran darah.

Komentar